-->

12 Berkas Wajib Dibawa Saat Melamar Pekerjaan

Berkas Wajib/Penting Dibawa Saat Melamar Pekerjaan - Bagi yang baru lulus sekolah maupun anda yang ingin melamar pekerjaan disebuah perusahaan, pabrik maupun instansi pemerintahan (BUMN). ada hal-hal yang perlu diperhatikan seperti kelengkapan berkas lamaran pekerjaan yang akan dibawa. nah disini admin akan membagikan info beberapa dokumen penting yang wajib dibawa saat akan melamar pekerjaan.

Dokumen/Berkas Penting dan Wajib, kok bisa? Karena sebagian besar perusahaan di Indonesia entah itu perusahaan sekala kecil/besar menerima karyawan untuk bekerja diperusahaannya salah satu yang dipertimbangkan diterima maupun tahap selanjutnya (interview) adalah kelengkapan berkas.

Anda sering melamar kerja tetapi ditolak? atau tidak ada panggilan untuk tes wawancara? mungkin penyebabnya adalah berkas lamaran kerja anda kurang lengkap sehingga membuat hrd atau staf personalia dari perusahaan tersebut tidak menanggapi surat lamaran kerja yang anda ajukan. oke berikut berkas wajib yang dibawa saat melamar kerja.

12 Berkas Wajib Dibawa Saat Melamar Kerja

12 Berkas Wajib Dibawa Saat Melamar Kerja Agar Diterima Kerja diPerusahaan yang anda inginkan
Berikut ini adalah berkas atau dokumen yang penting dan wajib dibawa saat melamar pekerjaan, agar diterima kerja diperusahaan yanf anda inginkan.

1. Foto Berwarna

Foto Berwarna ukuran 3x4 atau 4x6, Background Merah untuk tahun kelahiran Ganjil - Background Biru untuk tahun kelahiran Genap.

2. Surat Lamaran Kerja

Buatlah surat lamaran yang sesuai dengan bidang pekerjaan yang Anda tuju dengan kalimat yang baik dan menggunakan bahasa formal, tidak bertele-tele dan jelas. agar pihak personalia tau/paham maksud anda melamar dengan membaca surat lamaran kerja anda diawal paragraf.
Lihat juga : Cara Membuat Lamaran Kerja yang Paling Baik dan Benar 

3. Curriculum Vitae / Daftar Riwayat Hidup

Pada berkas CV ini berisi biodata diri Anda termasuk profil pribadi, pengalaman kerja, riwayat sekolah, prestasi, keahlian dll.

4. Fotokopi E-KTP

Belum punya ktp? atau masih belum jadi? bisa juga menggunakan Surat Keterangan EKTP atau Surat Domisili, Cek juga apakah masa berlaku KTP masih aktif atau sudah habis. jika sudah habis masa berlakunya segera memperpanjang dengan datang langsung ke kelurahaan.

5. Fotokopi Ijazah Terakhir

Ini juga penting disarankan untuk melegalisir sesudah difotokopi agar legal tentunya dan perusahaan percaya.

6. Fotokopi Transkrip Nilai / SKHU

Ini juga berkas yang dibutuhkan oleh perusahaan saat akan menerima pekerjaan dibidang tertentu, contoh anda melamar kerja diperusahaan bank tentu nilai Matematika dan Bahasa Inggris anda dibutuhkan, nah disinilah pentingnya transkrip nilai.

7. Fotokopi SKCK 

Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) bisa kita buat di polsek daerah asal Anda. Surat ini menerangkan bahwa Anda berkelakuan baik, tidak pernah terlibat tindak pidana,kriminal ( tidak pernah masuk penjara) dan norma susila ataupun gerakan organisasi terlarang.

8. Fotokopi Surat Keterangan Sehat 

Fotokopi Surat Keterangan Sehat Bisa didapatkan di puskesmas atau apotik terdekat.

9. Fotokopi Kartu Tanda Pencari Kerja / Kartu Kuning

Selama saya melamar kerja di perusahaan-perusahaan swasta jarang sekali yang meminta lampiran kartu ini. Jika syarat-syarat dituliskan kartu kuning biasnya dibelakangnya diberi keterangan “jika ada”.

10. Fotokopi Kartu Keluarga

Berkas ini sebetulnya jarang perusahaan tapi untuk berjaga-jaga agar selalu dilampirkan. terkadang perusahaan tertentu memerlukan Surat Kartu Keluarga (KK).

11. Fotokopi Sertifikat Pendukung

Jika mempunyai prestasi di bidang tertentu dan memiliki sertifikatnya entah itu sertifikat kopetensi atau sertifikat prakerin wajib dilampirkan untuk menambah nilai plus dimata personalia.

12. DOA ORANG TUA

Yang terakhir inilah yang sering dilupakan memang bukan berkas tapi juga wajib untuk dilaksanakan saat anda hendak melamar pekerjaan alangkah baiknya pamit orang tua khususnya Ibu. jangan pernah sekali-kali meremehkan Doa Ibu. kalau anda meremehkan ya jangan salahkan admin jika suatu hari anda jadi Batu atau Jambu Monyet (Jambu Mente Orang Jawa Menyebutnya).

Oke mungkin itu saja berkas / dokumen penting wajib dibawa saat melamar pekerjaan, agar diterima kerja pastinya. SHARE ke teman, saudara, keluarga ya info ini, maturnuwun

0 Response to "12 Berkas Wajib Dibawa Saat Melamar Pekerjaan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel